Jumat, 28 April 2017

Strategi Berpikir Positif

*Strategi Berpikir Positif*

Kita bisa sukses dengan mengoptimalkan cara berpikir positif.

Berikut ini formula berpikir positif yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

*1. Self Talk.*

Self talk adalah istilah yang pertama kali diungkapkan oleh Joel Chue, penulis buku Secrets to Unlocking Your Real Potentials. Menurut Joel, di awal hari, sebelum kita memulai berbagai kegiatan kita atau bahkan di hari sebelumnya,

Kita perlu berkata pada diri kita bahwa hari ini kita akan berpikir positif, bertindak positif, berkata positif, dan meraih hal-hal yang positif.

Lalu, kita putar "film kegiatan kita" di hari itu dan berusaha mencari celah mengenai hal-hal positif apa yang bisa kita terapkan hari itu.

Itulah sebabnya orang-orang sukses menerapkan self talk positif.

Ketika menghadapi atau ditawari peluang bisnis, Anda mungkin terbiasa mendengarkan kata hati: “Bagaimana kalau nanti bisnis ini tidak jalan?",

"Bagaimana nanti modal saya tidak kembali?", atau, “Wah saya tidak berbakat dalam bidang ini."

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya tidak produktif karena seharusnya Anda berkata pada diri Anda sendiri: "Saya berhak untuk bisa berhasil”, atau, "Saya berhak untuk sukses."

Artinya, setiap kali muncul pernyataan negatif di dalam diri Anda, katakanlah pada diri Anda sendiri suatu pernyataan yang positif.

Kalau Anda belum mencoba melakukan self talk, maka hambatan di dalam hidup Anda masih melekat pada diri Anda. Namun bila Anda mulai belajar menggunakannya secara kontruktif, maka akan tercipta suatu dorongan kuat yang muncul dalam diri Anda.

Anda juga akan menemukan cara-cara yang lebih efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri dan Anda akan terkesan lebih ramah.

Hasilnya, Anda akan merasakan bahwa diri Anda bisa berubah dan memasuki babak baru dalam menghilangkan kebiasaan-kebiasaan malu Anda.

*Percayalah bahwa Anda bisa melakukannya.*

Teruslah berbicara pada diri sendiri secara positif. Kontrollah segala pembicaraan Anda dengan diri Anda sendiri. Pilih kata-kata yang positif.

Anda tidak akan pernah sukses apabila Anda melihat diri Anda sebagai pecundang dan selalu berbicara pada diri sendiri bahwa Anda tidak bisa. Apabila Anda ragu terhadap diri Anda, bagaimana orang lain akan mempercayai Anda?

*2. Biasa menjadi Luar Biasa.*

Howard Schultz adalah sosok yang berhasil menjadikan kedai kopi biasa menjadi luar biasa, bahkan menjadi menggurita di seluruh dunia. Kedai kopi itu bernama Starbucks.

Jadi, jika Anda bosan dengan hal-hal yang biasa, cobalah menjadikannya luar biasa dengan cara yang berbeda atau untuk tujuan yang berbeda sehingga hasilnya juga akan secara signifikan berbeda.

*3. Melihat ke Depan.*

Banyak orang yang bersikap putus asa karena mereka hanya memfokuskan pikiran dan pandangan mereka pada hal-hal yang berada di depan mata mereka saja.

Mereka tidak mau menunggu atau mencoba untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda untuk mendapat pandangan yang berbeda, atau melihat dengan lebih luas, sehingga bisa melihat secara lebih lengkap apa yang sedang terjadi, bukan hanya apa yang berada di hadapan mereka.

Jika orang buta hanya memegang ekor gajah yang kecil, maka ia berpikir bahwa yang di hadapannya adalah binatang kecil. Tetapi jika ia mau menganalisis dengan lebih menyeluruh, maka ia bisa menemukan bahwa yang ia amati adalah binatang yang besar, yang ada di hadapannya adalah sebagian kecil dari tubuh binatang tersebut, yaitu ekorya yang kecil.

Demikian juga dengan Anda. Sering kali Anda terpana pada kesulitan kecil. Anda tidak mau melihat "hadiah” di balik kesulitan yang sudah menunggu Anda. Dengan berpikir positif, Anda akan termotivasi untuk melihat jauh ke depan sehingga kesulitan hari ini tidak akan menjadi batu sandungan bagi Anda untuk maju.

*Jadi, seriuslah terhadap masa depan Anda.*

Buatlah keputusan sekarang bahwa Anda dapat mencapai kesuksesan Anda dan tuliskan apa saja yang ingin Anda dapatkan pada saat Anda meraihnya.

Lakukanlah sesuatu mulai sekarang. Bila Anda tidak melakukannya berarti Anda tidak serius terhadap kesuksesan Anda.

*4. Berpikir "Mungkin"*

Kata "mungkin" ternyata memiliki kekuatan dahsyat.  Dengan berpikir "mungkin", maka Anda akan terdorong untuk mencoba, mencari alternatif solusi, dan mencari dukungan yang diperlukan, menggunakan alat fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk mewujudkannya.

Nah, dengan berpikir "mungkin" maka Anda bisa berpikir positif atau berpikir sukses karena segala sesuatu bisa diraih.

Dulu orang akan tertawa jika ada yang menyampaikan ide manusia untuk mendarat di bulan. Tetapi, saat ini, hal itu tidak mengherankan lagi. Hal ini terjadi karena ada orang-orang yang berpikir "mungkin" lalu mencari cara dan mencoba berbagai cara agar kemungkinan tersebut bisa diwujudkan.

Tidak ada orang di dunia ini yang hidup dengan penuh kesempurnaan, begitu juga orang yang penuh dengan kekurangan sehingga menganggap dirinya tidak berguna.

Maka dari itu Anda harus bisa menilai kemampuan Anda sendiri. Bila Anda sudah bisa menilai diri sendiri secara objektif, Anda akan tahu kemampuan Anda.

*Jika sudah tahu kemampuan Anda, maka sudah saatnya Anda mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk.*

😍..semoga bermanfaat...😍

*Bismilah... berangkat melayani kehidupan. ...*

Related Posts

Strategi Berpikir Positif
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.